MISI

***************** A MAN WHO WANT TO CREATE AN EDEN IN THE WORLD *****************

Senin, 16 Januari 2012

FITOPHARMAKA BUKAN SEKEDAR HERBAL



Subhanallah, Allah Yang Maha Suci Telah menganugerahi tanah tumpah darah yang begitu kaya akan sumber alam dan sumber daya hayati (Biodiversitas) yang luar biasa. Anugerah Agung bagi bangsa Indonesia ini hanrus benar-benar disyukuri dengan memanfaatkan dan mengelolanya sebijak mungkin. Dengan cara demikian, kemajuan dan keunggulan Indonesia di Era Biodiversitas ini adalah sebuah keniscayaan.

Buah adalah salah satu jenis biodiversitas Indonesia yang dimanfaatkan karena memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Buah yang banyak sekalai ragamnya di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, sumber pangan, estetika dan budaya, juga untuk keperluan industri serta tidak ketinggalan pula buah Indonesia dimanfaatkan untuk tujuan kosmetika dan kesehatan.

Berikut ini kita dapat melihat kandungan, khasiat dan manfaat sehat dari beberapa jenis buah yang ada di bumi :



1. Solanum lycopersicum (Tomat)

Penghasil zat terkenal Lycopene, senyawa anti kanker dan pencerah warna wajah ini, dimanfaatkan sebagai sayur dan buah. Dismaping senyawa tersebut, tomat juga mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh.

Studi-studi telah membuktikan kalau manfaat tomat tidak hanya efektif mencegah kanker tetapi juga mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Kanker-kanker seperti kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, kerongkongan telah terbukti bisa dicegah dengan mengkonsumsi lycopene dalam jumlah banyak

Para peneliti memasukkan lycopene ke dalam kultur sel-sel kanker. Lycopene terbukti bisa mencegah pertumbuhan kultur sel-sel kanker ini. Hal ini merupakan bukti kuat yang menunjukkan manfaat tomat bagi kesehatan.

Selain itu, inilah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan :

Makan tomat dalam jumlah banyak bisa memperbaiki tekstur dan warna kulit
Tomat sangat baik untuk memurnikan darah. Tomat berfungsi melindungi hati dari sirosis serta berfungsi menghancurkan batu ginjal.Tomat juga merupakan antiseptik alami untuk mencegah terjadinya infeksi, asam nikotin pada tomat bisa menurunkan kolesterol, dengan begitu bisa mencegah penyakit jantung Vitamin K yang terkandung dalam tomat berfungsi mencegah perdarahan.

Jika dikonsumsi saat segar, tomat sangat kaya akan vitamin C. Tetapi, tomat lebih baik dikonsumsi setelah dimasak. Tomat mengandung banyak air. Pada saat dimasak, air ini akan menguap. Dengan begitu, konsentrasi lycopene pada tomat yang telah dimasak akan lebih tinggi. Jika memasak, ada baiknya menghindari suhu yang terlalu tinggi karena akan membunuh sebagian besar vitamin-vitamin yang terdapat di dalamnya. Setelah mengetahui manfaat tomat untuk kesehatan, jangan menunda-nunda untuk segera mengonsumsinya.


2. Carica papaya L (Pepaya)

Pepaya, dikenal juga sebagai kates, gedang (sunda) atau gandul. Dimanfaatkan buah dan daunnya. Buah pepaya mengandung berbagai macam enzim, vitamin, maupun mineral. Vitamin yang banyak terkandung dalam buah pepaya ini diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin E.

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah untuk mempercepat proses pencernaan protein karena buah ini mengandung enzim papain.Enzim papain ini memiliki fungsi yang sangat banyak, seperti memecah protein menjadi arginin, dan memecah makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino sehingga dapat diserap oleh tubuh.



Manfaat pepaya lainnya adalah :

- pepaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan.
- pepaya dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menyembuhkan luka.
b. menghilangkan infeksi.
c. menghilangkan alergi

3. Musa Paradisiaca, Linn (Pisang)

Pada edisi beberapa waktu lalu, telah dijelaskan manfaat pisang secara detail. berikut manfaat pisang secara garis besar.



- pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
- pisang dapat membantu mengurangi asam lambung.
- pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
- pisang dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. gangguan pada lambung.
b. penyakit jantung dan stroke
c. stress
d. menurunkan kadar koleterol dalam darah.

4. Mangifera indica (Mangga)

Jika kita sebut kota Indramayu, maka kita juga teringat dengan mangganya. Di Indonesia, selain mangga Indramayu, tumbuh juga berbagai varietas mangga lain seperti : Arumanis, manalagi, gedong, kueni, golek dll.



memang dikenal mengandung zat antioksidan yang menetralisasi radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh dan berujung pada masalah kesehatan seperti jantung, kanker, dan penuaan dini. Namun, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dai buah beraroma harum ini, berikut beberapa di antaranya:

a.Kandungan zat besinya yang tinggi baik bagi ibu hamil dan penderita anemia. Tapi, jangan sampai berlebih, berkonsultasilah dahulu dengan dokter untukmendapatkan takaran yang sesuai dengan kondisi Anda.
b. Anda dipusingkan dengan masalah penyumbatan pori-pori wajah? Tempelkanlah irisan mangga ke wajah Anda kemudian bersihkan setelah sepuluh menit.
c. Bila Anda memiliki masalah dengan saluran pencernaan, tak ada buah yang dapat membantu banyak seperti halnya mangga. Mangga dapat melancarkan pencernaan karena mengandung enzim yang membentu mencerna protein.
d. Mangga kaya akan kalium sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, mangga juga mengandung pektin, bahan serat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.
e. Anda tengah berupaya menaikkan berat badan? Masukkanlah mangga ke menu harian Anda. Mangga kaya akan kalori dan karbohidrat yang menyehatkan serta menambah daya tahan tubuh.
f. Beberapa penelitian menyatakan memakan mangga dapat memperkecil risiko terkena pembentukan batu ginjal.
g. Sedang belajar untuk ujian? Buah ini juga kaya kan asam glutamin yakni protein penting untuk konsentrasi dan memori. Daripada mencamil keripik dan kue kering, lebih baik memakan irisan mangga sembari belajar.
h. Meski secara tradisional tidak dianggap sebagai afrodisiak, mangga mengandung vitamin E yang membantung meningkatkan kehidupan seks seseorang. Vitamin E memang berfungsi mengatur hormon seks seseorang.Jadi, jangan tunggu sampai musim mangga datang, makanlah sekarang sebagai buah pendamping saat sahur ataupun berbuka puasa.

5. Fragaria Spp (Strawberry)

Strowbery dikenal sebagai buah sexy. Warna dan bentuknya yang khas menyebabkan stroberry dikenal sebagai buah Cinta.



- stoberi mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C.
- stobery mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas.
- strawbery memiliki kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.
b. menjadi anti virus
c. menjadi anti kanker

Warna merah strawberry disebabkan karena buah kaya pigmen warna antosianin yang dapat menjadi antioksidan. Kandungan antioksidan dan juga Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang cukup tinggi dibandingkan buah-buahan dan sayuran lain menyebabkan strawberry dapat digunakan untuk menanggulangi masalah penyakit akibat radikal bebas seperti kanker, stroke dan proses penuaan. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput!

Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi.

Strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.

Karena antioksidan yang tinggi buah ini juga untuk menghaluskan kulit dan membuat cerah. Daun strawberry berkhasiat untuk menghentikan diare.

Dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi.

Ampuh melawan encok dan radang sendi dan anti alergi.

Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare.

Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bisa terpenuhi. Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Strawberry Sebagai pencegah Kanker
Mengkonsumsi buah ini setiap hari dapat mencegah terjadinya kanker karena buah ini mengandung vitamin A, C, E dan Asam Ellagic yang berfungsi melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Dan juga dapat mencegah terjadinya Leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah strawbery dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah ini
Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes.

Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Zat astringent ini efektif meredakan serangan diare. Dengan meminum Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry perhari, dapat efektif menghentikan serangan diare.

Strawberry dapat mengatasi panas dalam. Jika tubuh merasa tidak enak, mungkin anda mengalami panas dalam. Hal ini tentu sangat menyebalkan bukan? Cukup dengan memakan buah strawberry atau membuatnya menjadi juice bisa menjadi minuman yang dapat mengatasi panas dalam.

6. Malus domestica (Apel)

Kota Malang, di identikan dengan Kota Apel. Apel varietas khas Indonesia ini yang dikenal sebagai apel Mana Lagi, memiliki ciri khas warna hijau kekuningan, aroma sangat harum dan rasa manis dengan textur daging buah yang lembut. Ciri khas ini sangat lebih unggul dibandingkan dengan apel Washington, Apel New Zelan dll.



Apel dikenal karena kemampuan mereka untuk mengurangi resiko beberapa jenis kanker termasuk kanker kolon, paru-paru dan kanker prostat. Jumlah serat yang tinggi dalam apel bertanggung jawab terutama dalam mengurangi resiko kanker usus besar yang bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik pada tahap awal.
Apel tidak mengandung kolesterol. Serat apel, membantu dalam mengendalikan kolesterol dengan cara mencegah atau mengurangi penyerapan minyak kembali.

Penelitian telah menunjukkan bahwa apel yang baik untuk pasien jantung dan juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan.
Apel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Juga mengandung mineral penting seperti Besi, Kalsium, Magnesium, Zinc, Fosfor dan Kalium.

Kalori dalam apel: Dibandingkan dengan beberapa buah-buahan, apel mengandung jumlah yang relatif tinggi kalori. 100g apel akan berisi sekitar 218 Kilo Jules energi. Terlepas dari kalori, semua manfaat kesehatan lainnya dan nutrisi penting apel dapat memberikan kita, apel adalah salah satu yang terbaik, mudah diperoleh buah dan direkomendasikan untuk menjadi bagian dari diet sehari-hari anda.


7. Citrus aurantifolia (Jeruk)

Pecel, somay, minuman, sering menggunakan jeruk dari varietas berbeda. Jeruk keprok dan jeruk nipis sering dicampur untuk minuman, jeruk purut untuk epngharum somay maupun pecel, sementara jeruk bali sering dijadikan buah hias.



Manfaat jeruk tercermin dalam rasanya yang segar. Jeruk mengandung banyak vitamin, mineral, serta serat esensial yang tak bisa diproduksi oleh tubuh. Dengan kandungan tersebut, salah satu manfaat jeruk adalah menjaga daya tahan dan keseimbangan tubuh agar tetap normal.Selain mengandung berbagai macam gizi, jeruk juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker, katarak, dan kardiovaskuler.


Selama ini jeruk memang hanya dikenal memiliki vitamin C. Pada kenyataannya buah ini memiliki kandungan gizi esensial yang sangat baik bagi tubuh seperti karbohidrat, kalsium, potassium, folat, thiamin, vitamin B6, magnesium, fosfor, niacin, tembaga, asam pantotenat, dll.

Buah jeruk tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, serta sodium. Jeruk hanya mengandung karbohidrat dalam bentuk sederhana yang berupa glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Sehingga bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan atau sedang menjalani diet, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah ini.

Manfaat lain dari jeruk adalah untuk membantu memperlambat proses pengosongan lambung, karena jeruk mengandung polisakarida non-pati yang sering kita kenal sebagai serat makanan. Dengan adanya hal tersebut, jeruk dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Untuk memenuhi kebutuhan serat makanan bagi tubuh , Anda dapat mengonsumsi 1 buah jeruk per hari. Tiap buah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan serat makanan sekitar 3,0 g.

Manfaat/ Khasiat Jeruk yang Lain

Selain beberapa manfaat jeruk diatas, jeruk masih memiliki beberapa khasiat lain sebagai berikut:

Sari jeruk dapat membantu menyembuhkan demam, wasir yang mengakibatkan gangguan pendarahan, membantu mengurangi asam berlebihan dalam darah, memperlancar air seni, dll.
Jeruk dapat digunakan untuk mengobati penyakit bronchitis, asma, masuk angin, dan gangguan pencernaan dengan membuat ramuan air jeruk manis, garam, madu, dan sedikit lada.
Kulit jeruk manis dapat membantu melembutkan kulit serta menghilangkan bintik hitam. Anda dapat membuat rebusan kulit jeruk manis dan meminumnya tiap hari satu gelas secara rutin hingga tiga bulan.


8.Pyrus amygdaliformis (Buah Pear)

Pir, yang tergolong ke dalam genus Pyrus, adalah sejenis tanaman yang tumbuh di berbagai tempat di dunia, dari daerah pantai hingga daerah beriklim sedang, dari Eropa barat hingga Afrika utara dan Asia.

Terdapat 30 spesies buah pir , diantaranya adalah Pyrus communis, Pyrus nivalis, dan Pyrus salicifolia. Pir dan apel merupakan kedua tanaman yang berkerabat, sehingga beberapa spesies buah ini kadangkala sukar dibedakan. Namun sebenarnya keduanya dapat dibedakan dengan mudah. Daging buah pir memiliki sel batu, sedangkan apel tidak. Bila buah apel dapat mengapung di air, maka buah pir akan tenggelam.

Buah pir digemari dalam bentuk segar, dikalengkan, dibuat jus, atau dikeringkan. Buah pir dapat pula dibuat dalam bentuk jeli atau selai, biasanya dicampurkan dengan buah-buahan lain. Buah pir dapat matang pada suhu ruangan, bahkan akan lebih cepat matang apabila diletakkan di dekat buah pisang. Pendinginan di dalam lemari es akan memperlambat proses pematangan ini.


Dari segi kesehatan, buah pir merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Selain itu, buah pir juga mengandung kalium, kalsium, vitamin A, gula, serta protein. Serat yang terkandung dalam buah pir merupakan serat tak larut, hal ini berarti pir memiliki khasiat yang baik sebagai obat laksansia/pencahar. Sel-sel batu yang terdapat pada daging buah pir mampu mengurangi polip di usus besar, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar. Kebanyakan kandungan vitamin C dan serat pir terdapat pada kulit buahnya (1).

Selain itu dikatakan pula bahwa buah pir bermanfaat mengurangi radang/inflamasi pada membran mukosa, kolitis, kelainan kandung empedu, arthritis, serta gout.

9. Psidium guajava (Jambu Biji)

Buah ini menjadi terkenal dan naik daun berkaitan dengan merambahnya penyakit fengue demam berdarah. Mengkonsumsi jus Psidium guajava atau Jambu Biji merah mampu meningkatkan trombosit yang biasanya drop pada penderita DBD.



Satu jambu biji memiliki 165 miligram (mg) vitamin C. Sementara, satu jeruk hanya mengandung 69 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji ini efektif dalam mengobati infertilitas pria.

Di bawah kulitnya yang hijau, jambu biji memiliki banyak manfaat yang ditawarkan. Satu buah jambu sehari berguna mengurangi resiko penyakit mulai dari flu biasa, gusi bengkak, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes sampai kanker.

Jambu biji memiliki serat makanan berlimpah sehingga baik dikonsumsi bagi yang mengalami sembelit. Bagi yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, tingginya kandungan serat jambu biji juga sangat bermanfaat.

Buah ini kaya vitamin, serat dan mineral. Jika dijadikan bagian dari makanan sehari-hari, penelitian menunjukkan jambu biji sangat efektif mencegah kanker dan penyakit jantung. Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava ini membantu tubuh memerangi radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme.

Para peneliti bekerja untuk departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) telah menemukan bahwa jambu biji mungkin di antara buah terkaya antioksidan. Buah yang lezat ini juga memiliki beta karoten, kalium dan serat larut.

Jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Kemampuan jambu biji untuk menurunkan tekanan darah disebabkan adanya kandungan kalium. Kalium merupakan elektrolit yang penting untuk reaksi listrik dalam tubuh termasuk pada jantung.

Buah ini juga dikenal bisa menyembuhkan luka eksternal serta mengobati pendarahan hidung dan gusi. Buah yang hidup di daerah tropis ini bisa juga mencegah penyakit 'orang tua' seperti pikun dan katarak. Adanya karbohidrat kompleks dan kandungan serat yang tinggi bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Makan satu jambu biji untuk sarapan memberikan dosis harian yang sangat dibutuhkan seperti zat besi, asam folat, kalsium, serat, protein, karbohidrat, vitamin A, B dan banyak vitamin C. Kandungan lemak total satu jambu biji sekitar 0,9 gram atau 84 kalori. Dibandingkan dengan apel, buah ini memiliki 38 persen lemak dan 42 persen kalori yang lebih sedikit.



10. Citrullus lanatus (Semangka)

Seyelah mengkonsumsi berbeque atau steak atau sejenis sate yang dibakar, buah ini diharap mengikat arang yang menempel pada daging dan bagian lain yang dapat bersifat kanserogenik. Dengan cara demikian, maka buah ini sebagai pencegah gugus-gugus radikal yang masuk ke dalam tubuh.



Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.

Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah, Semangka juga mempergiat kerja jantung. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.

Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam dan mencegah sariawan dengan ampuh.

Semua berawal dari likopen. Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi dibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh.

Radikal bebas berlangsung tak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya ya berbagai macam penyakit dan kulit tubuhpun menjadi kering, suram, dan kendur. Dengan likopen yang terdapat dalam semangka, radikal bebas bisa langsung lumpuh!

Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat.


11. Cucumis melo L. (Melon)

Melon merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Rasanya segar dan tidak terlalu manis, warnanya kuning dan kebanyakan putih, harganya pun murah meriah. Tapi yang lebih penting, selain nikmat disantap, buah yang banyak mengandung air ini (sekitar 95% dari daging buah) juga kaya akan vitamin dan mineral, sehingga manfaatnya bagi tubuh berlimpah. Dari sisi kandungan airnya pun buah melon mampu memberikan rasa dingin dan efek yang menyejukkan, sehingga dapat meredakan rasa panas dalam perut dan membersihkan ginjal dari sisa-sisa metabolisme.



Beberapa vitamin dan mineral yang dikandung melon di antaranya protein, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan mineral ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung. Ia juga mampu menyembuhkan sembelit. Selain itu, kandungan antikoagulan yang disebut adenosine mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sedang kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru.

Buah melon memiliki daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka melon dapat menumpas asam urat.

12. Daucus carota ssp (Wortel)


Wortel merupakan sayuran yang mudah di dapatkan dan sangat murah juga tetapi manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa orang terutama anak-anak tidak menyukai sayuran ini karena mungkin belum mengetahui apakah manfaat wortel yang sangat kaya vitamin. Ada beberapa orang tua mengatasi masalah ini dengan membuat jus untuk keluarga dan anak-anak tercinta.

Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi anti kanker, gula alamiah (fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltosa), pektin, glutanion, mineral (kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, amgnesium, kromium), vitamin (beta karoten, B1, dan C) serta asparagine. Beta Karotennya mempunyai manfaat sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi.



Pada buah mengandung bisabolene, tiglic acid dan geraniol. Biji wortel liar mengandung flavonoid, minyak menguap termasuk asarone, carotol, pinene, dan limonene.
Berikut adalah sederet manfaat wortel yang perlu Anda ketahui. Mudah-mudahan dengan mengetahui manfaat-manfaat ini Anda dan keluarga bisa lebih menyukai wortel.

Mengatasi hipertensi,Mengatasi demam pada anak,Mengatasi luka bakar, Menyembuhkan batuk, Mengatasi nyeri haid, Mengatasi sembelit,Menghaluskan wajah:

13. Averrhoa carambola (Belimbing)

Buah bintang lima (Five Stars) ini dijawa sangat terkenal karena sebagai perlambang rukun Islam sebagai agama mayoritas masyarakat jawa. Perlambang ini terkenal karena termaktub dalam tembang Iler Iler yang dituluis salah satu wali penyebar agama Islam di tanah Jawa.



Buah yang dapat berbunga sepanjang tahun serta dipanen tiga kali dalam setahun ini juga memiliki saudara, yaitu buah belimbing wuluh atau belimbing sayur (Averrhoa bilimbi). Rasanya lebih masak dan banyak digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada makanan.

Buah belimbing manis memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspektoran, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnya yang mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengatasi demam, hingga mengatasi masalah kencing manis, dan kolesterol. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker. Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul.

Meski banyak memberi manfaat, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan buah ini karena ia mengandung banyak asam oxalic yang berbahaya bagi mereka.


14. Ananas comosus merr (Nanas)

Bagaimana kalau es buah, coctail, atau salad buah tanpa nanas ? Tentu saja sanat kurang pas. Dengan rasa dan aroma sepsifik, kehadiran nanas dalam berbagai menu seakan menjadi keharusan.



Bersifat dingin,dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
membantu pencernaan makanan di lambung, antiradang,peluruh kencing (diuretik),
membersihkan jaringan kulit yang mati, mengganggu pertumbuhan sel kanker,
menghambat penggumpalan trombosit.

Manfaat buah dan sayuran telah diproses melalui bioteknologi modern sehingga kandungan zat aktif alami dan dosisnya dapat diukur dengan tepat sampai dosis terapi (Penyembuhan). Juga telah dilakukan uji klinis dan pengalaman empirik sehingga tidak sekedar Herbal tapi telah menjadi Fitoparmaka. Jika Anda membutuhkan Fitoparmaka untuk berbagai penyakit : jantung, ginjal, paru, otak, lambung, reproduksi, kanker, alergi, diabet, asam urat, ambein, liver, osteoporosis, imunitas, vitalitas dan pertumbuhan dan kecerdasan, silakan hubungi kami. Kami siap membantu Ikhtiar anda melalui konsep kedokteran holistik, perpaduan Kedokteran barat, Penyembuhan Timur dan Dirosah nabawiah.


Darwono Tuan Guru
Page of Facebook

Tidak ada komentar: