MISI

***************** A MAN WHO WANT TO CREATE AN EDEN IN THE WORLD *****************

Selasa, 21 April 2015

VIVA DANGNDUT : TO BE NUMBER ONE IN THE WORLD

Pada tulisan yang lalu diungkapkan bahwa Indonesia dapatmenjadi Kiblat Dunia darai salah satugenre musik, yakni Musik Dangndut. Musik Dangndut dapat menyusul genre-genre music lain yang telah menduniadengan cirri khasnya maing-masing. Untuk menjadikan Dangndut mendunia full, belajar dari salah satu genre musik yang telah mendunia lebih dahulu barang kali dapat memberi gambaran konkrit kepada kita semua sebagai pecinta dangndut.
Jika kita melihat sejarah music yang mendunia, misalnya Jaz, yangberkembang dari gaya hidup masyarakat kulit hitam di Amerika yang tertindas.Awalnya, pengaruh dari tribal drums dan musik gospel, blues serta field hollers(teriakan peladang). Proses kelahirannya telah memperlihatkan bahwa musik jazzsangat berhubungan dengan pertahanan hidup dan ekspresi kehidupan manusia.Tentu saja dalam hal ini adalah kehidupan kulit hitam yang terpinggirkan.
Perkembangan musik dangndutjaga hampir sama, dangndut juga merupakan juga merupakan pertahanan hidup danekspresi kehidupan rakyat jelata di Indonesia dalam menghadapi keangkuhanpenguasa. Jika Jazz dipengaruhi oleh music gospel (gereja) dangndut dipengaruhioleh gambus untuk mengekpresikan cinta kepada Allah dan rasul-Nya Begitu banyaklagu-lagu Rhoma Irama yang menguimandangkan nilai nilai luhur keagamaan (Islam)demikian juga komponis-komponis dangndut lainnya.
Berbeda dengan asal kata“jazz” berasal dari sebuah istilah vulgar yang digunakan untuk aksi seksual.Sebagian irama dalam musik jazz pernah diasosiasikan dengan rumah-rumah bordildan perempuan-perempuan dengan reputasi yang kurang baik. Sedangkan asala kata “dangdut”seperti kita pahami bersama sebagai suara salah satu instrument music pengiringnyayakni gendang. “Dangndut suara kendang rasa ingin bergouyang “ demikian tuturRhoma Irama mendiskripsikan dangndut dalam sebuah lagunya “Terajana”
Latar belakang jazz tidakdapat dilepaskan dari fakta di mana jazz dipengaruhi berbagai musik sepertimusik spiritual, cakewalks, ragtime dan blues. Salah satu legenda jazz yangdipercaya bahwa sekitar 1891, seorang pemilik kedai cukur rambut di New Orleansbernama Buddy Bolden meniup cornet-nya dan saat itu lah musik jazz dimulaisebagai gebrakan baru di dunia musik. Setengah abad kemudian, musik jazz diAmerika memberi banyak kontribusi di dunia musik, dipelajari di universitas,dan akhirnya menjadi sebuah aliran musik yang serius dan diperhitungkan. Musik jazz sebagai seni yangpopuler mulai menyebar ke hampir semua masyarakat Amerika pada tahun 1920-an(dikenal sebagai Jazz Age). Jazz semakin marak di era swing pada akhir 1930-an,dan mencapai puncaknya di akhir 1950-an sebagai jazz modern. Di awal tahun20-an dan 30-an, “jazz” telah menjadi sebuah kata yang dikenal umum.
Prospek music dangndut menjadi salah satu genre music dunia sangat besar,apalagi dangndut, terutama karya-karya Rhoma Irama Juga telah dijadikan bahankajian di Universitas-Universitas Amerika serikat, meskipun, diuniversitas-universitas dalam negeri kita be;lum banyak mendengar dangndutdijadikan sebagai salah satu gemrte music yang dipelajari dan diteliti.
Jika belajar dari waktu yang dibutuhkan oleh music jaz untuk mengglobal yaknisekitar 50 tahun, maka apabila diambil perioda tahun 70 an sebagai awalmengorbitnya music dangndut, berarti sekitar tahun 2020 diharapkan dangnduttelah mengglobal fiull. Pada saat yang sama, Indonesia juga menjadi KiblatMusik Dangndut Dunia. Tenggat waktu yang ada harus dimanfaatkan kita semuauntuk mengkonstruk dangndut sebagai salah satu genre music yang menarik.
Untuk menjadi Kiblat Salahsatu Genre Musik Dunia, Musik Dangndut Indonesia, dengan dukungan musisi, penyanyi,akademisi musi dan budaya. Dangnuters harus memiliki integritas dan kemampuanmusikal maupun olah vokal yang prima. Ika Jakarta,. Maju dan tidaknya Dangndut Jugasangat tergantung pada kemampuan kita dalam melahirkan icon-icon dangndut ke depan. Sebab icon akanmenjadi “Trend Setter” yang akan mempengaruhi warna dangndut itusendiri Disinilah pentingnya kita dukung pedangndut-pendangndut”berjiwa” seperti yang senantiasa diedukasi oleh para yuri dangndutAkademi.
Efektifitas edukasi dewanyuri Dangdut Academy Indosiar dapat kita lihat saat Akademia Favorit ABGRizki-Ridlo dapat tersingkir dan terhenti di 15 besar. Demikian juga saat “menghentikan”Ega Kuningan melalui pembeberan kesalahan dan kelemahan Ega Kuningan secaraobyektif meskipun perolehan SMS Ega sebelumnya sela;lu tertinggi.
Edukasi, Produktiofitas,kaderisasi penyanyi dan musisi termasuk komponis dangndut, kajian ilmiah danpenelitian dangndut lebih luas sangat diperlukan. Termasuk edukasi kepadapecinta music dangndut. Dan tidak kalah penting adalah political will daripemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai kiblat music dangndut dunia.Dengan dukungan informatika teknologi yang canggih, penulis yakin 2020 Dangndutmendunia full dapat menjadi kenyataan.

Tidak ada komentar: