MISI

***************** A MAN WHO WANT TO CREATE AN EDEN IN THE WORLD *****************

Rabu, 29 September 2010

IKHLAS DAN JALAN BAHAGIA DUNIA AKHIRAT


Dalam file otak saya, jika mendengar kata ikhlas maka koneksi paling dekat adalah dengan nama sebuah surat yang secara mutawatir “bernilai” sepertiga al Qur’an, yakni surat Al ikhlash , yang secara awam disebut Qulhu (Qul Huwa Allahu Ahad). Inti surat ini sangat jelas, yakni sebagai deklarasi ketauhidan kita.

Karena koneksinya ke surat al ikhlas, maka dalam pemahaman saya, yang dinamakan ikhlash adalah jika dan hanya jika semua amaliah kita : karena, untuk, dan berharap keridloan Allah SWT. "Katakanlah : Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah , Tuhan semesta alam (QS:6:162) .



KASUS BERAMAL TAK IKHLASH

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dinyatakan :

Bahwa yang pertama kali kelak di hari kiamat akan dihakimi adalah : Pertama, seorang yang mati di jalan perang. Ketika ditanya ia menjawab bahwa ia berperang sampai mati syahid. Dikatakan kepadanya: "Kamu bohong. Kamu berperang dengan niat supaya kamu dikatakan pemberani. Dan orang-orang sudah menyebut itu".
Kemudian diperintahkan supaya ia dimasukkan kedalam api neraka.

Kedua, Seorang yang mencari ilmu agama dan mengajarkannya, ia mengajarkan Al-Qur'an. Ketika ditanya, ia menjawab bahwa saya mecari ilmu dan mengajarkannya, saya juga mengajarkan Al-Qur'an. Lalu dikatakan kepadanya : "Kamu bohong. Kamu belajar mencari ilmu dengan niat supaya kamu dikatakan alim, dan orang-orang sudah mengatakan itu".
Kemudian diperintahkan agar orang tersebut dimasukkan ke dalam neraka.

Ketiga, seorang yang dikaruniai limpahan harta kekayaan. Ketika ditanya, kemana harta itu dipergunakan, ia menjawab bahwa ia telah menginfakkannya ke jalan-jalan kebaikan. Lalu dikatakan kepadanya: "Kamu bohong, kamu lakukan itu dengan niat supaya dikatakan kamu dermawan dan orang-orang sudah mengatakan itu". Lalu diperintahkan supaya orang tersebut diseret ke dalam api neraka. “

Naudzu billahi mindzaalik !



Dalam keseharian kata ikhlas sering bermakna sangat rancu, dan kadang tergantung siapa yang mengatakannya. Di tangan orang jahil bermakna : "anda harus rela hak-hak anda dirampas saya.

Di tangan managemen jahil yang bahil, bermakna anda harus rela kesejahteraan anda, jaminan masa depan anda, asuransi anda dan kemajuan karier anda dikoyak-koyak seenak perutnya., karena perusahaan harus bertahan dengan profit yang besar.

Di tangan pemimpin yang lacut, di tangan para koruptor, berarti rakyat harus rela lapar, rakyat jangan menuntut, rakyat tidak perlu berdemo, agar berbagai kekayaan, berbagai sumber, berbagai anggaran bisa tanpa hambatan masuk ke pundi-pundi kekayaan pribadi dan para kroni. Kawula alit, harus legowo, meski hidup kian terhimpit.

Bagaimanapun kondisi lingkungan dengan segala kejahiliahannya memaknai ikhlas sesuka hatinya, orang mukhlish akan tetap konsisten,ikhlash dimaknai hanya Keridloan Allah lah semua orientasi amaliahnya.

Balas jasa dan ucapan terima kasih dari sesama manusia bukanlah target amalnya. Bahkan menghadapi "air susu dibalas air tuba" pun dia tetap istiqomah dan sadar bahwa : hasbunallahu wanikmal wakil, nikmal maulaa wanikmannashiir. Cukuplah Allah menjadi pelindung kita. :

Semoga kita terrmasuk orang yang mukhlish.


JALAN BAHAGIA DUNIA AKHIRAT



KETIKA WAKTU BERSUJUD

Tiap mimpi kan kuberi sayap,
dan membiarkannya bertualang
dari bintang ke bintang,
dan meroncenya menjadi matahari kehidupan.
Hingga bumi menjelma sajadah zaman
Hingga waktu mengisyaratkan kepasrahan
Dan bersujud dalam kedamaian


Proyeksi antara "Impian" dan "Realitasnya" merupakan garis lurus. Untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan kita harus melalui garis proyeksi berupa garis lurus ini. Inilah garis terpendek dari Impian menuju perwujudannya.

Efektivitas mewujudkan Impian-impian hidup kita adalah dengan berjalan pada garis terpen...dek dan... lurus ini (shirothol Mustaqim) dan fokus (mujahadah) menjalaninya tanpa tergoda jalan-jalan lain yang mungkin kelihatan lebih mulus dan menyenangkan.



Untuk mewujudkan surga dalam hidup kita secara efektif, bermujahadahlah (jihad) menempuh shirothol mustaqim dengan sabar, meskipun jalan itu mungkin menanjak tajam. Tapi itulah jarak terdekat, yang akan mengantarkan kita ke sana.

Mari, kita menapaki shirothol mustaqim dan fokus (istiqomah) pada jalur ini. Meskipun jalan itu mungkin sepi, mungkin tidak populer, mungkin tidak terpublikasi. Pengambilan pilihan jalan lurus yang fokus inilah yang telah mengantarkan kesuksesan para pendahulu kita. Ada yang memilih khusus pada ilmu-ilmu keagamaan, ada yang mengambil fokus melalui majlis-majlis keilmuan, ada juga yang memfokuskan pada amalan-amalan kesalehan pembangunan, termasuk kesejahteraan dan lingkungan, ada pula yang memfokuskan pada penegakan amar ma'ruf nahi munkar.

Sudah barang tentu, di era modern kita pun dapat memfokuskan pada jalan kesalehan yang kita ambil, mungkin melalui konstribusi kita pada pengembangan masyarakat (community Development), mungkin pada pengembangan sumber daya insani (SDM), maupun karya-karya keslehan lainnya.





Untuk mengubah Arang Menjadi Intan, Multi Train mengembangkan metoda-metoda permainan (game) seperti : Three G (Goal Getting Game), UNESCO (Unlimited Expectation's Compose), IBF (Integrated Brain Function's), IMF (Interactive Methode Formula's) dll (Video dapat dilihat di www.doitsoteam.blogspot.com).

Kami siap bermitra dengan semua komponen anak bangsa dalam upaya "Mengubah Arang Menjadi Intan" atau dalam "Mengembangkan Kepemimpinan Yang Diberkahi", sebuah paradigma kepemimpinan ingat mati dan kehidupan setelahnya.




Hubungi +6287888992799



Tidak ada komentar: