MISI

***************** A MAN WHO WANT TO CREATE AN EDEN IN THE WORLD *****************

Minggu, 26 Februari 2012

KECERDASAN PHYSIC


Menurut Rasul saw bahwa seorang yang kuat lebih baik dan dicintai daripada seorang yang lemah. Berkaitan dengan hal ini, rasul menganjurkan : “Ajarilah anakmu berenang, memanah, dan berkuda.” Terkait dengan hal ini, kita dapat mengkaji beberapa manfaat dari 3 jenis olah raga yang disampaikan rasulullah SAW.
1. Manfaat Renang
Ada beberapa manfaat olah raga renang, diantaranya :

1. Membentuk otot
Pada saat berenang, dapat dipastikan perenang akan menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Saat perenang mengayuh dengan mendorong dan menjejak air dengan anggota tubuh terutama oleh anggota gerak atas dan bawah , dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Dengan demikian berenang dapat dikategorikan sebagai aquatik aerobik atau aerobik dalam air.

3.Menambah tinggi badan
Ada perbedaan yang nyata pertumbuhan ikan yang hidup di air yenang dan air bergerak deras. Ada pengaruh arus air bagi pertumbuhan ikan. Analog dengan kasusu ini, berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).

4. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.

5. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.

6. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

2. Manfaat Olah Raga Memanah
Memanah sangat menitik beratkan keseimbangan tubuh. Maka jika pemanah emosinya tertekan, maka panahan amat mudah tersasar. Secara tidak langsung, olahraga ini melatih manusia untuk tenang dan menstabilkan emosi.

Individu yang tidak tenang, ceroboh, pemarah, kurang sabar atau kurang sehat mentalnya tidak akan menjadi pemanah yang baik.

Perbuatan melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu satu kekuatan fisik, olahraga ini juga satu latihan holistik kepada diri seseorang dari segi fisik dan mental.

Bersabda Rasulullah SAW, ” Kamu harus belajar memanah kerana memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik)

3. Berkuda meskipun tampaknya sang kuda yang lebih banyak bergerak, tetapi sebenarnya si penunggang pun mendapatkan manfaat baik darinya. Manfaat yang dirasakan tidak hanya dari fisik tapi juga psikis si pengendara kuda (joki).

Fisik - Berkuda merupakan latihan yang baik bagi kardiovaskular dan otot. Setelah Anda berkuda pertama kali, Anda akan merasakan otot yang Anda tak pernah sadar memilikinya. Hal ini karena efek dari gerakan kuda kepada joki. Apabila dihitung perkalori, orang dengan berat 150 pon selama satu jam, berkuda, jogging atau bersepeda menghasilkan pembakaran kalori yang sama, yaitu sekitar 315-480 kalori.

Psikis - Berkuda telah diketahui merupakan salah satu cara yang baik bagi terapi kesehatan khususnya terhadap orang dengan keterbatasan dan keterbelakangan mental. Melalui berkuda, sang pengedara dapat melatih sistem motoriknya, koordinasinya, dan juga meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam berkuda, kita dituntut dapat menjalin hubungan bahkan dengan mahluk lain. Pengendalian diri dan pengendalian kuda, harmonisasi gerakan derap langkah kuda dan joki di pelana, tidak dapat dipungkiri semua akan membuat kita lebih mampu disiplin, sabar, kerjasama , harmonis dan karakter holistik lain. Hal ini sangat bermanfaat dalam pengembangan jiwa kepemimpinan bagi pengendaranya.

Berkaitan dengan gerakan gerakan secara umum, dalam buku Smart Moves: Why Learning is Not All in Your Head , Carla Hannofard mengatakan gerakan bermanfaat secara langsung bagi sistem syaraf. Kegiatan otot, terutama kegiatan yang terkoordinasi, tampak menstimulasi produksi neurotrophin, substansi alami yang merangsang pertumbuhan sel-sel syaraf dan meningkatkan jumlah koneksi pada otak.

Melakukan 3 (tiga ) olah raga dengan karakter berbeda , selain akan mengembangkan kemampuan fisik beragam juga menumbuhkan karakter yang sangat kaya. Dengan demikian pembudayaan olah raga dan latihan-latihan fisik yang beragam sangat perlu dilakukan dalam mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan yang secara riil akan menghadapi berbagai tantangan yang semakin komplek.

Untuk mendapatkan kecerdasan fisik yang tyinggi diperlukan slain olah raga, juga makanan dengan gizi bertimang, pengendalian stress yang tepat juga istirahat yang memadai.

Makanan Dengan Gizi Seimbang

Gizi seimbang merupakan aneka ragam bahan pangan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, baik kualitas (fungsinya), maupun kuantitas (jumlahnya). Direktorat Gizi Depkes pada tahun 1995 telah mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Tujuan PUGS merupakan alat untuk memberikan penyuluhan pangan dan gizi kepada masyarakat luas, dalam rangka memasyarakatkan gizi seimbang. Pedoman disusun dalam rangka memenuhi salah satu rekomendasi Konferensi Gizi Internasional di Roma pada tahun 1992. PUGS merupakan penjabaran lebih lanjut dari pedoman 4 sehat 5 sempurna yang memuat pesan-pesan yang berkaitan dengan pencegahan baik masalah gizi kurang, maupun masalah gizi lebih yang selama 20 tahun terakhir mulai menampakkan diri di Indonesia (diambil dari Almatsier, 2002).

PUGS merupakan susunan makanan yang menjamin keseimbangan zat-zat gizi. Hal ini dapat dicapai dengan mengkonsumsi beraneka ragam makanan tiap hari. Tiap makanan dapat saling melengkapi dalam zat-zat gizi yang dikandungnya.
Ketigabelas pesan dasar gizi seimbang tersebut adalah:

1. Makanlah aneka ragam makanan,
yaitu makanan sumber zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), serta zat pengatur (vitamin dan mineral).

2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi.
Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dari tiga sumber utama, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kCal energi, 1 gram protein akan menghasilkan 4 kCal energi, sedangkan 1 gram lemak akan menghasilkan 9 kCal energi. Tuh, gede banget kan dari lemak..

3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi.
WHO (1990) menganjurkan agar 55 – 75% konsumsi energi total berasal dari karbohidrat kompleks dan paling banyak hanya 10% berasal dari gula sederhana.
4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi.
Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner.

5. Gunakan garam beriodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI).
GAKI dapat menghambat perkembangan tingkat kecerdasan anak, penyakit gondok, dan kretin (kerdil). Dianjurkan untuk mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari.

6. Makanlah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia.
Sumber yang baik adalah sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging. Tapi utamanya dari lauk hewani. Why? Karena zat besi dalam lauk hewani dalam bentuk heme (diserap 5x lebih tinggi daripada nonheme).

7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 4 bulan.
Pemberian ASI secara eksklusif ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Tapi sekarang udah diperbarui loh.. Bukan hingga umur 4 bulan, tetapi hingga umur 6 bulan, setelah itu perlu diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI).

8. Biasakan makan pagi (sarapan)

untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja. Jangan bilang lagi diet (ngurusin badan) buat alasan ngga sarapan, karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak sarapan justru meningkatkan suatu hormon yang memicu pertambahan berat badan. Ditambah lagi tidak makan pagi memberi efek “kelaparan” sehingga makan siang jadi double size, ‘tul ngga?

9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya,
yaitu minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya, agar proses faali dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan seimbang.

10. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
untuk mencapai berat badan normal dan mengimbangi konsumsi energi yang berlebihan.

11. Hindari minum minuman beralkohol.
Anda yang suka minum minuman beralkohol, ingat bahwa liver (hati) Anda itu beresiko terkena kanker!

12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan,
yaitu bebas dari cemaran bahan kimia dan mikroba berbahaya, yang dapat menyebabkan sakit. Waspadalah dalam memilih jajanan anak; perhatikan warnanya, apabila terlalu ngejreng, bisa jadi pewarna yang digunakan bukan pewarna makanan.

13. Bacalah label pada makanan yang dikemas,
untuk mengetahui komposisi bahan penyusun (ingridien), komposisi gizi, serta tanggal kadaluarsa. Bagi yang ingin tahu apa saja yang dikonsumsi oleh anak Anda, coba perhatikan kandungan snack yang dimakannya. Anda paham Monosodium Glutamat alias MSG kan? Too much of it, kecerdasan anak Anda bisa menurun.

Untuk ingredien yang sama, Anda yang hipertensi juga mesti hati-hati. Sodium = natrium. Anda ingat rumus kimia garam dapur kan? Benar, Nacl atau Natrium Chlorida. Sifat natrium atau sodium ini adalah menyerap / mengikat air. Apabila jaringan Anda tinggi natrium, air akan terserap ke jaringan; air dalam pembuluh darah berkurang, darah semakin kental. Inilah faktor dominan hipertensi. Jadi, buat Anda yang diet rendah garam, si natrium ini perlu dikurangi; termasuk yang ada pada makanan instan dan makanan awetan.

Beberapa singkatan yang lazim digunakan dalam label antara lain :
- MD = makanan yang dibuat di dalam negeri
- ML = makanan luar negeri (import)
- Exp = tanggal kadaluarsa, artinya batas waktu makanan tersebut masih layak dikonsumsi. Sesudah tanggal tersebut, makanan tidak layak dikonsumsi
- SNI = Standard Nasional Indonesia, yakni keterangan bahwa mutu makanan telah sesuai dengan persyaratan

Istirahat Yang Cukup

Tidur nyenyak adalah cara terbaik untuk istirahat secara fisik dan emosi. Bila Anda kurang tidur, wajah akan tampak pucat dan di sekitar mata akan tampak gelap. Rasanya kurang baik untuk Anda yang akan tampil sebagai mempelai pria.

Kekurangan tidur juga membuat gairah seks berkurang. Pria yang sehat namun tidak dapat tidur selama dua hari berturut-turut akan menurun jumlah testosteronnya. Setelah ia dapat tidur nyenyak, jumlah testosteron kembali normal. Kekurangan testosteron dapat menyebabkan gairah seksual berkurang. Setiap orang memiliki kebutuhan istirahat yang lamanya berbeda-beda. Ada yang merasa cukup fit dengan tidur 4–5 jam sehari, ada yang baru merasa fit setelah tidur selama 8 jam sehari. Beberapa dermatologis berpendapat, sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat pada waktu Anda tidur.
1. Cobalah naik ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap hari agar Anda bisa tidur nyenyak dengan rutin.
2. Hindari minum kopi pada sore dan malam hari (teh dan cokelat juga mengandung kafein).

3. Teh camomile dapat membantu Anda tidur pulas. Alkohol dapat membuat Anda lesu, tapi tak dapat membuat Anda tidur pulas. Mandi air hangat yang dicampur beberapa tetes essential oil kayu cendana dan bunga lavender dapat membantu Anda tidur nyenyak.

Mengelola Stress

Stres tidak selamanya negatif. Ada dua pandangan tentang stres. Jika stres tidak menyenangkan disebut distress. Hans Selye (1974) mendefinisikan distress sebagai: damaging or unpleasant stress. Stress is much the same as a state of anxiety, fear, worry, or agitation. The core of the psychological experience is negative, painful, something to be avoided. Sedangkan stres yang positif disebut eustress yaitu the joy of stress, a phrase some use to emphasize the good that can come from stress (Hanson, 1986).

Stres sebenarnya tidak selalu buruk dan merupakan bagian normal dari kehidupan sehari-hari. Bahkan stres adalah motivasi yang kita butuhkan untuk aktif karena merupakan suatu energi. Tapi stres bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman jika kita tidak mampu mengelolanya. Saat itu kita mulai mengalami sisi negatif stres. Kita menjadi tertekan (Cholid, N. S, 2004). Dalam hal ini yang diperlukan adalah kemampuan untuk mengelola stres atau stress management.

Peter G Hanson meneliti bagaimana tubuh manusia bereaksi ketika stres. Tubuh manusia dirancang seperti kapal perang. Kadang melawan musuh yang salah – menghadapi stres primer yang hebat (contoh ‘mendorong traktor’). Perhatikan original benefit dan kemunduran kalau dibiarkan mengikuti refleks yang tidak dipikirkan. Berikut disajikan beberapa anatomi tubuh ketika mengalami stres.

1.KORTISON
Original Benefit (O.B):
• Pelepasan kortison dari kelenjar adrenalin untuk melindungi tubuh dari reaksi alergi.
Kemunduran:
• Kortison menghancurkan daya tahan tubuh: infeksi, kanker, komplikasi penyakit.
• Kelenjar limfe pada tubuh mengeriput; respon imun melemah.
• Kemampuan memerangi pilek berkurang
• Mengurangi daya tolak lambung terhadap asam lambung: perut kembuh, “maag” dsb.
• Tulang menjadi rapuh
• Tekanan darah meningkat karena tertahannya sodium.

2.HORMON TIROID
O.B:
• Hormon tiroid meningkat dalam darah untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh. Tubuh membakar energi lebih cepat dan memberi tambahan tenaga.
Kemunduran:
• Tidak ada toleransi terhadap udara panas dan jaringan syaraf (cepat kaget).
• Menurunnya berat badan.
• Insomnia.
• Kelelahan/kehabisan tenaga.
• Orang yang kegemukan bereaksi terhadap stres dengan banyak makan karena secara reaktif berusaha mengatasi tiroid dengan kalori tambahan.

3.PELEPASAN ENDORPIN DARI HIPOTALAMUS
O.B:
• Serupa morfin, hormon yang menimbulkan “rasa nyaman”.
• Pembunuh rasa nyeri yang ampuh.
Kemunduran:
• Stres yang kronis akan menurunkan kadar endorpin: migrain, sakit pinggang, nyeri artritis.

Reaksi lain dari tubuh terhadap stress adalah ;
Pengurangan hormon sex ;Berhentinya kerja Pencernaan;Pelepasan gula dalam darah; Peningkatan kholesterol dalam darah ;Jantung berdebar;Meningkatnya suplay udara; Darah dan sekutunya menebal; Kulit berkeriput dan berkeringat; Kelima indera menjadi tajam

Tidak ada komentar: